Wednesday, February 22, 2012

“Hubungan yang Erat Antara Hujan dan Kemacetan”


Rabu, 22 Februari 2012 
Hujan..... simple sih, tapi kenapa ya bisa bikin macet di jala raya??
Postingan kali ini terinspirasi dari status salah satu temen gue yang bertanya, “Kenapa sih kalo ujan itu bikin macet panjang?????” Sepertinya pertanyaan ini cukup simple, terlihat seperti keadaan yang terjadi seperti biasa, namun hanya diberi air saja dari atas. Bagi pengendara motor sih memang hal ini terlihat tidak simple, tetapi bagi pengendara mobil kan terkesan tidak berpengaruh apa-apa. Namun apabila diperhatikan lagi, hujan memang pantes kok dibilang sebagai salah satu penyebab kemacetan.
Menurut gue sebagai orang yang menderita kemacetan gara-gara hujan yaitu sebagai berikut (kalimatnya menderitaaaaaaa booooooo......kayak sakit apaaaaa gituuuuu.haha).
Pertama, karen hujan, banyak orang yang memilih untuk memberhentikan kendaraannya di pinggir jalan. Kalau sedikit kendaraan yang memarkirkan kendaraan sih tidak terlalu masalah. Namun, jika sebagin besar pengendara lebih memilih memarkirkan kendaraan sejenak di pinggir jalan, tentu hal tersebut membuat lahan jalan raya dipakai sebagai tempat parkir dadakan. Sehingga jalan sebagai tempat untuk melaju menjadi lebih sempit. So, wajar dong membuat kemacetan yang panjang.
Kedua, air hujan yang terlalu banyak, akan menggenang di permukaan jalan raya yang tidak rata atau saluran irigasi di sekitar tidak lancar. Dengan genangan seperti itu akan menyebabkan kita tidak dapat melihat bagaimana kondisi permukaan jalan raya yang kita lewati. Yah, kita pasti tau lah bahwa tidak semuanya jalan berpermukaan halus. Banyak sekali jalan raya yang berlubang, tidak rata, dan sebagainya yang bisa membuat kecelakaan bagi pengendara yang tidak berhati-hati. Oleh karena itu, pengendara diharapkan melaju kendaraannya lebih pelan, kecepatan diharapkan dikurangi. Dengan banyaknya pengendara yang memperlambat laju kendaraannya, wajar dong hal tersebut membuat kemacetan panjang.
Ketiga, hujan yang disertai dengan angin kenjang berpotensi untuk terjadinya pohon-pohon tumbang ke tengah jalan raya. Tidak hanya pohon, baliho yang tidak kuat pondasinya pun berpotensi untuk roboh. Dengan alasan tersebut, banyak pengendara yang mengurungkan niat untuk melanjutkan perjalanan. Apabila terdapat pohon atau baliho yang roboh, hal itu akan menyebabkan jalan terputus. Terlebih lagi apabila sampai terjadi korban timpaan pohon atau baliho baik itu manusia atau kendaraannya. Terputusnya jalan tersebut mambuat jalanan menjadi macet panjang khan?
Keempat, hujan deras yang disusul dengan banjir di jalan raya akan menyebabkan mesin kendaraan khususnya sepeda motor terendam air. Apabila busi tersebut terendam air terlalu lama, maka akan menyebabkan kendaraan mogok ditengah jalan. Dorong donggggg maaaannngggg.... Capek kali ahhhh.... Hehehe. Itu baru motor, coba kalo yang mogok itu mobil, lebih susah khan dorongnya. Hal tersebut membuat kemacetan wajar menghantui masyarakat dikala hujan deras.
Sekian dulu deh ya teman sedikit ulasan atau pendapat gue mengenai hujan dan kemacetan. Sebenarnya masih banyak lagi penyebabnya apabila dikaji lebih dalam. Aiiiihhhhh bahasa gue sok-sokan. Mungkin agan-agan yang lain mau menambahkan? Monggo di-comment ya Gan... *lempar cendol bisa kali akh..hehe*

No comments:

Post a Comment