Thursday, June 11, 2015

Ramadhan Tahun 2014 yang "Unpredictable".



Nggak terasa sebentar lagi akan datang bulan Ramadhan di tahun 2015 ini. Rasanya belum lama ini deh Ramadhan tahun 2014. Gue mau sedikit cerita tentang Ramadhan tahun lalu, dimana menurut gue adalah Ramadhan yang hari-harinya bervariatif dan unpredictable. Sepertinya satu-satunya Ramadhan saat gue tidak bernah shalat tarawaih di masjid atau mushala (berjamaah) seperti tahun tahun sebelumnya. Kenapa? Unpredictable, yup.

Saat – saat itu merupakan saat saat almarhum nyokap sakit dengan kondisi 100% perlu bantuan dalam menjalani kesehariannya. Itulah mengapa gue lebih memilih fokus ke Ibu. Kalaupun memang saya berdosa karena tidak memanfaatkan Ramadhan dengan beribadah dengan baik, biarlah itu menjadi resiko gue.

Keseharian dalam menjalani bulan Ramadhan pun bervariasi. Beberapa hari gue menjalani puasa di Jogja dan shalat tarawih hanya di rumah tanpa berjamaah. Saya merasakan meriahnya suasana Jogja saat menjelang buka puasa, tetapi hati saya tidak bisa full senang merasakan moment – moment itu. Selain itu, beberapa hari saya menjalani Ramadhan di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan. Saat sahur gue dan terkadang dengan kakak gue pergi ke depan RS untuk sahur di mobil penjual masakan sahur. Kami sahur di pinggir jalan. Pengalaman pertama kali saya sahur dengan keadaan seperti ini. Pernah sahur dengan mantan makanan beku di Circle-K. Hhahaha. Unik.

Yup saat saat itulah Ramadhan terakhir yang gue habiskan bersama dengan Ibu walaupun dengan unpredictable conditions.  Semoga kami sekeluarga selalu bisa memperoleh keberkahan Ramadhan dengan keadaan sehat walafiat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment