Sunday, September 29, 2013

Sehat itu Mahal Kawan.

Sabtu ini gw berencana ke Rumah Sakit untuk periksa kesehatan, terutama kesehatan reproduksi. Mungkin gw akan cerita sedikit permasalahan yang terjadi karena disini kan ga gw sebutin identitas pribadi. Intinya terjadi ketidaknormalan hormon yang dihasilkan oleh tubuh gw, yaitu salah satunya progesteron. Udah 2 bulan ini gw belum mens.



Dengan laju kendaraan motor gw yang lumayan ngebut, sampelah di RS tepat jam 9 pagi. Gw ngejar jam segitu karna emang jadwal dokternya mulai jam 9. Positif thinking gw, tuh Dokter akan ontime praktek di RS tersebut. Pertama nyampe, gw langsung ke bagian pendaftaran walaupun sebelumnya gw udah daftar via telpon, ya buat konfirmasi kehadiran pasien aja sih menurut gw. Setelah itu gw langsung menuju ke ruang obsgyn untuk taruh kartu berobat gw dan menunggu. Sialnya gw lupa bawa tab gw yang emang gw lagi charge di rumah buat persiapan gw pake di RS. Agak bete deh nunggunya.


Namanya juga Indonesia ya kawan, dokternya ngarettt juga ternyata.. Hampir jam 10 baru dateng. Ya untungnya nomor antrian gw ga jauh2 amat ya, jadi stok sabar masih banyak. Pas si depan Dokternya, gw jelasin secara singkat kalo gw udah dua bulan ini belum haid juga selepas dari obat hormon yg udah gw konsumsi sebelumnya selama 3 bulan. Jadi, selama 3 bulan itu, jadwal haid lumayan rutin. Tapi, setelah obat itu selesai gw konsumsi, kembali lagi deh siklusnya ga normal lagi dengan keadaan seperti ini, belum haid selama 2 bulan.


Dokter itu sebenernya pengen liat keadaan rahim secara lebih jelas. Beberapa bulan sebelumnya gw udah USG sama dia, bilangnya ya normal, ada rahimnya, dan ga ada kista. Tapi ya hanya terbatas tau itu aja. Kata dokternya kalo mau liat keadaan lebih jelas, bisa dengan USG lewat dubur. Jujur, ini hal yang menakutkan buat gw, apalagi perawatnya bilang akan terasa sakit kalo lewat dubur. Jlebbb... Gw ga bisa kasih keputusan untuk diberi tindakan itu hari ini.


Kata dokternya ga masalah, ga harus hari ini juga, tapi difikirkan dulu aja. Kalaupun emang mau (dan mampu menurut gue), boleh dilakukan tes laboratorium dulu untuk melihat kondisi hormon kewanitaan gw. Gw mengiyakan untuk tes lab. Tes lab untuk cek hormon ga bisa dilakuin di RS tersebut, biasanya emang dioper ke lab yang lengkap, salah satunya Pramita Lab. Tapi sebelum itu tanya dlu aja ke Lab RS ini. Dokterpun menuliskan resep tes apa aja yang diperlukan. Ada 4 hormon yang dites yaitu estrogen, estradiol, FSH, dan LH. Selain itu Dokter itu bilang kembali lagi aja 1 bulan lagi kesini kalo memang belum haid juga sambil bawa hasil lab-nya.


Gw ke lab RS dulu untuk serahin kertas resep tersebut dan dia bilang tes ini di Lab Pramita Matraman aja. Gw minta informasi harga dong ke petugas lab itu dan dia catetkan harganya di sampingnya. Oh my God, mahal2 bener. Karena ada 4 hormon yang dites, totalnya jadi 1,2jutaan. Jleeebbbb!!!!


Gw jalan sambil mikir, ujung2nya air mata gw ga kuat lagi ditahan, netes dah tuh ga bisa gw berhentiin dan ke kamar mandi biar orang lain ga ada yang liat. Setelah puas nangis, gw telfon cowok gw untuk minta pendapat dan minta sedikit nenangin gw. Pada saat gw ngomong, suara semaksimal mungkin gw normalin, tapi pas di tengah2, ga kuat juga, nangis lagi deh. Sebenernya bukan bermaksud cengeng, tapi gw hanya berfikir, kenapa gue yang harus alamin yang memang gue pengen banget mudah dapet anak setelah gue nikah nanti. Saran cowok gw ya ikutin aja apa yang disarankan Dokter, yang penting kita usaha dulu buat sembuh.


Gue langsung meluncur ke Pramita Lab Matraman. Ternyata disuntiknya ga terasa sakitnya. Menurut gw karena di lengannya dia jepit pake sabuk sehingga darah sudah ngumpul di lokasi pengambilan darah dan juga sudah diolesin obat bius. Jadi, ga kerasa sakit apa-apa. Hasil lab bisa diambil mulai jam 4 sore ini sedangkan saat itu baru jam 12an.


Awalnya bingung mau diambil hari ini atau enggak, tapi akhirnya gue putuskan untuk ga ambil hari ini dan sisa waktu gue pake buat ke tempat perbelanjaan buat nge-HokBen dan beli kado buat si ponakan cowo gw yg udah ultah 1 tahun.


Kesehatan itu mahal ternyata kawan, jadi bersyukurlah temen-teman yang siklus menstruasinya normal dan jangan mengeluh soal sakit mens karena itu normal dan wajar. Banyak wanita diluar sana yang sangat ingin untuk mempunyai siklus menstruasi yang teratur, termasuk gw.

No comments:

Post a Comment